ANALISIS SISTEM
Analisis
sistem membantu pemakai informasi dalam mengidentifikasi informasi yang
diperlukan oleh pemakai untuk melaksanakan pekerjaannya. Tahap-tahap desain dan
implementasi dalam pengembangan sistem akuntansi sangat ditentukan oleh keberhasilan
analisis sistem dalam mengidentifikasi kebutuhan informasi pemakai informasi.
Kegagalan analisis sistem dalam mengidentifikasi jenis informasi yang
diperlukan oleh pemakai informasi akan mengakibatkan desain sistem yang tidak
bermanfaat bagi pemakai informasi.
Analisis sistem dapat dibagi menjadi empat
tahap :
- Analisis pendahuluan
- Penyusunan usulan pelaksanaan analisis sistem
- Pelaksanaan analisis sistem
- Penyusunan laporan hasil analisis sistem
1
Analisis
Pendahuluan ( Preliminary Analysis )
Dalam
analisis pendahuluan, analisis sistem mengumpulkan informasi untuk memperoleh
gambaran secara menyeluruh mengenai perusahaan kliennya. Untuk ini analisis
sistem harus membuat work sheet atau check sheet untuk mengumpulkan informasi
yang dikumpulkan dalam analisis pendahuluan tersebut.
2
Penyusunan
Usulan Pelaksanaan Analisis Sistem
Pelaksanaan analisis sistem direncanakan oleh
analisis sistem dalam suatu dokumen tertulis yang disebut “Usulan Pelaksanaan
Analisis Sistem”.
Dalam dokumen “Usulan Pelaksanaan Analisis
Sistem” analisis menjelaskan:
1.
Alasan ringkas dan jelas yang mendasari
dilakukannya pengembangan sistem akuntansi
2.
Pernyataan khusus tentang persyaratan kinerja
yang diharapkan dari sistem akuntansi yang diusulkan
3.
Batasan luas analisis sistem yang akan
dilakukan
4.
Identifikasi informasi yang kemungkinan harus
dikumpulkan dalam analisis sistem
5.
Identifikasi sumber-sumber potensial yang
dapat menyediakan informasi yang diperlukan dalam analisis sistem
6.
Daftar peristiwa besar atau titik-titik
pengecekan yang digunakan untuk pengecek perkembangan analisis sistem yang
dilaksanakan oleh analisis sistem
3
Pelaksanaan
Analisis Sistem
Langkah
yang dilakukan oleh analisis sistem dalam melaksanakan analisis sistem :
a Analisis
Laporan Yang Dihasilkan Sistem Sekarang
Analisis
sistem mempelajari laporan yang sudah dihasilkan oleh sistem akuntansi yang
sekarang digunakan, untuk menemukan informasi yang diperlukan oleh manajemen,
namun tidak disediakan oleh sistem akuntansi yang sekarang.
Menganalisis
Transaksi
Analisis transaksi ini meliputi analisis
terhadap formulir, catatan, dan prosedur yang digunakan di dalam melaksanakan
setiap transaksi tersebut. Untuk setiap transaksi yang dilaksanakan perusahaan,
analisis sistem mengumpulkan informasi mengenai:
- · Unit organisasi yang terkait dalam transaksi
- · Formulir yang digunakan
- · Sistem otorisasi dalam pelaksanaan transaksi
- · Catatan akuntansi yang digunakan untuk mencatat transaksi
- · Prosedur pelaksanaan transaksi
Mempelajari
Catatan Pertama
Yang merupakan catatan pertama (books of
original entry) dalam sistem akuntansi adalah jurnal.
Mempelajari
Catatan Terakhir
Buku besar dan buku pembantu merupakan catatan
terakhir (books of final entry)dalam sistem akuntansi.
Sumber
Informasi Dalam Analisis Sistem
Dalam
analisis sistem, sumber informasi untuk pengembangan sistem akuntansi adalah
1 . Sistem
akuntansi yang sekarang digunakan
2 . Sumber
intern yang lain
3 . Sumber-sumber
luar
v Analisis
sistem mengembangkan sistem baru untuk menggantikan atau untuk memperluas
sistem akuntansi yang sekarang digunakan oleh perusahaan.
Manfaat
utama dilakukannya analisis terhadap sistem akuntansi lama adalah:
- · Efektivitas Sistem Akuntansi Yang Sekarang Digunakan
- · Ide Rancangan
- · Identifikasi Sumber Daya
- · Pengetahuan Konversi
- · Titik Awal Yang Sama Dalam Menuju Ke Perubahan Baru
v Sumber
intern lain yang paling penting dalam melaksanakan analisis sistem adalah:
- · Orang-orang dalam organisasi tidak hanya yang menjabat sebagai manajer, namun mencakup pula karyawan operasi dan karyawan yang melaksanakan pekerjaan klerika.
- · Pekerja tulis menulis (paperwork) dalam organisasi
- · Hubungan antarkaryawan, antardepartemen atau antarfungsi
v Sumber-sumber
luar
Buku, Teks, Majalah yang diterbitkan oleh
organisasi profesional dan brosur penjualan yang diterbitkan oleh penjual
perangkat keras pengolahan data merupakan sumber informasi yang baik dari pihak
luar dalam tahap analisis sistem.
Teknik
Pengumpulan Informasi Dalam Analisis Sistem
Dalam
tahap analisis sistem pengumpulan informasi dilaksanakan analisis sistem dengan
cara:
- · Wawancara
- · Kuesioner
- · Metode analisis kelompok
- · Pengamatan
- · Pengambilan sampel dan pengumpulan dokumen
4. Penyusunan
Laporan Hasil Analisis Sistem
Hasil
akhir proses analisis sistem disajikan oleh analisis sistem dalam suatu laporan
yang disebut “ Laporan Hasil Analisis Sistem”
Isi
Laporan Hasil Analisis Sistem meliputi :
1 Pernyataan kembali alasan yang mendasari dan luas analisis sistem yang dilaksanakan oleh analis sistem
2 Daftar masalah besar yang ditemukan oleh
analis sistem
3 Suatu pernyataan persyaratan informasi yang
diperlukan oleh pemakai informasi
4 Suatu pernyataan tentang asumsi penting yang
dibuat oleh analis sistem selama melaksanakan analisis sistem
5 Suatu proyeksi sumberdaya yang diperlukan
beserta biaya yang dibutuhkan dalam perancangan sistem akuntansi yang baru,
atau pengubahan sistem yang sekarang digunakan oleh perusahaan. Proyeksi ini
mencakup kelaikan dilanjutkannya tahap-tahap berikutnya pengembangan sistem
akuntansi
6 Rekomendasi yang bersangkutan dengan sistem
yang diusulkan atau persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi oleh sistem
yang diusulkan tersebut
Yang mau comment monggo, kita saling sharing saja disini so kalau mau revisi ada yang salah atau apapun itu mohon diperbaiki biar ini gak menjadi kesalahan berjamaah. Terimakasih
Yang mau comment monggo, kita saling sharing saja disini so kalau mau revisi ada yang salah atau apapun itu mohon diperbaiki biar ini gak menjadi kesalahan berjamaah. Terimakasih
2 komentar:
ada g contoh laporan hasil analisa sistemnya ?
maaf mbak gak ada.
Posting Komentar